Rabu, 30 Oktober 2013

Pengartian Basis Data, Entitas, Atribut dan Relational beserta contohnya

1.Pengertian Basis Data
Data Base atau Basis Data yaitu sekumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang tersimpan dalam perangkat keras (hardware) dan digunakan perangkat lunak (software) untuk memanipulasinya.
Basis data memiliki prinsip utama dan tujuann utama. Prinsip utama yaitu konsep independensi artinya pemisahan data dari program aslinya. Sedangkan Tujuan utama basis data adalah membantu pengguna dalam abstraksi suatu sistem, abstaksi yang terdiri dari :

  • Physical Level menunjukan bagaimana data akan disimpan.
  • Conceptual Level berkaitan dengan data apa yang akan disimpan dan bagaimana hubungan antar data tersebut.
  • View Level merupakan level tertinggi yang menjelaskan bagian bagian basis data pada pengguna tertentu

2.Pengertian Entitas

Entitas adalah individu yang meiliki sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat di bedakan dari sesuatu yang lain. Biasanya entitas di gambarkan dalam bentuk persegi panjang.

3.Pengertian Atribut
Atribut adalah karakteristik atau ciri yang membedakan antara entitas satu dengan entitas lainnya. Biasanya atribut di gambarkan dalam bentuk oval.
Di dalam atribut pun harus  ada Primary Key (Atribut Khusus) yang dimana atribut tersebut benar benar penting.

4.Relational baserta Contohnya
Dalam relational database model, sebuah database adalah kumpulan relasi yang saling terhubung satu sama lainnya. Relasi adalah istilah dalam relational database, tapi kita lebih familiar jika menyebutnya sebagai tabel. Selayaknya tabel yang memiliki kolom dan baris, dalam relational database, kolom (column) disebut attribute, sedangkan baris (row) disebut tuple. Hal ini hanya sekedar penamaan, dan agar lebih gampang, kita hanya akan menggunakan istilah tabel, kolom dan baris dalam tutorial ini, namun jika anda menemui istilah relation, attribut dan tuple, itu hanya penamaan lain dari tabel, kolom, dan baris.
ReRelasi (tabel), Tuple (baris) dan Attribute (kolom) | wikipedia
Contoh :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar